Sabtu, 29 Oktober 2011

ANALISIS JURNAL RISET PEMASARAN


ANALISIS JURNAL

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI DAN PENGGUNA INFORMASI DAN
PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI
(PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR, Jakarta)

1. TEMA
Pemanfaatan dan penggunaan system informasi
2. MASALAH DAN LATAR BELAKANG
Informasi yang berkualitas akan terbentuk dari adanya system informasi yang dirancang dengan baik. System informasi atau penggunaan SI mencakup sampai ke tingkat operasional untuk meningkatkan kualitas produk serta produktivitas operasi. Oleh karena itu, SI harus dapat diterima dan digunakan oleh seluruh karyawan dalam organisasi investasi yang besar untuk pengadaan SI akan diimbangi pula dengan produktivitas yang besar pula.
3. TUJUAN
a) Menemukan bukti empiris untuk menguji variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor social terhadap minat pemanfaatan SI.
b) Menemukan bukti empiris untuk menguji variabel kondisi-kondisi yang memvasilitasi pemakai dan minat pemanfaatan SI terhadap penggunaan SI.
4. METODOLOGI
Design penelitian ini adalah survey. Variabel independent yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor social, minat pemanfaatan SI, kondisi yang memfasilitasi pemanfaatan SI dan 2 variabel dependen yaitu penggunaan SI dan minat pemanfaatan SI. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data adalah data primer, populasinya yaitu industry manufaktur yang terdapat di bursa efek Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan convience sampling. Sebelum analisis data, diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 11.5.
5. HASIL
Berdasarkan bukti-bukti empiris yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa :
a) Ekspektasi kinerja mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI.
b) Variabel ekspektasi usaha berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI.
c) Faktor social berpengaruh positif tetapi pengaruh tersebut tidak signifikan terhadap minat pemanfaatan SI.
d) Kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan SI.
e) Minat pemanfaatan SI berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap penggunaan SI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar